5 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu


Pertumbuhan e-commerce saat ini sangatlah pesat dan bahkan tidak dapat dibentuk. Dengan semakin banyaknya pedagang barang yang menjual barangnya secara online melalui media sosial mendorong lahirnya situs-situs belanja online. Banyak situs-situs belanja online yang sedang booming di Indonesia seperti Lazada, Blanja, Blibli, Tokopedia, Elevania, dan lain-lain.

Ditengah semakin berjamurnya situs-situs belanja online, banyak masalah yang juga bermunculan terutama PENIPUAN. Penipuan menjadi masalah yang banyak diperbincangkan, dan hari ini dimedia sosial dihebohkan dengan tidak sampainya iPhone 6+ yang dibeli dari Lazada namun yang diterima oleh sang pembeli adalah sebuah sabun.

Masalah ini menjadi hal yang diperbincangkan oleh netizen-netizen, karena masalah ini melibatkan salah seorang karyawan Elevenia yang merasa ditipu oleh situs Lazada. Apakah ini perang antar situs jual beli ?

Dibalik masalah yang muncul tersebut, kita sebagai pembeli haruslah sangat waspada terhadap pembelian online. Namun saya akan membagikan sedikit pengalaman saya ketika membeli barang secara online agar tidak mudah ditipu.

Berikut ini 5 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu :

Cari Tahu Trak Rekor Situsnya

Mencari trak rekor situs jual beli adalah yang sangat penting, kamu haruslah memeriksa siapa pemilik situsnya, apakah sudah terdaftar dikementrian perdagangan, dll.

Jangan Mudah Percaya dengan Harga Murah

Tak selamanya murah itu baik dan tak selamanya mahal itu menjamin, tapi setidaknya jika harga terlalu murah dan berada jauh dibawah harga pasar maka kamu harus lebih waspada. Kamu harus melihat lagi trak rekor sang penjual. Jangan karena diiming-imingi dengan harga murah, kamu langsung percaya dan tak curiga sedikit pun. Kalau lagi ada operasi pasar baru kamu boleh percaya dengan harga yang murah.

Bertanya ke Orang Lain

Bertanya ke orang lain yang juga pernah melakukan pembelian online menjadi salah satu trik yang bagus. Saya sering bertanya ke teman maupun keluarga untuk mendapatkan rujukan terbaik situs e-commerce mana yang aman dan terbukti.

Catat Kontak dan Nomor Rekening Penjual

Mencatat kontak dan nomor rekening penjual tentunya menjadi hal yang utama, karena dengan mencatat kontak dan nomor rekening membuat kamu bisa dengan mudah melaporkan tindak penipuan yang mungkin akan dilakukan oleh calon penjual.


Jangan Lupa Baca Basmallah

Ini yang banyak dilupakan orang-orang, seharusnya ketika melakukan sesuatu maka diawali dengan Basmallah agar menjadi lebih berkah bagi kamu.

Sekian tulisan saya seputar 5 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu yang bisa jadi referensi kamu, semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »