7 Tips yang Membantu Kamu Ketika Tes Kerja

7 Tips yang Membantu Kamu Ketika Tes Kerja, Beasiswa, Universitas | pict: Google 

Bagi kamu yang sudah lulus kuliah tentunya akan mencari kerja dan berusaha mendapatkan pekerjaan yang memiliki prestise tinggi yang bahkan diluar kemampuan kamu pada dasarnya.

Banyak orang yang berusaha mati-matian untuk mendapatkan kesempatan bergabung dengan perusahaan besar, termasuk saya juga melakukan hal yang sama.

Pada dasarnya kita semua memiliki kemampuan yang rata-rata sama dengan orang lain, namun kamu harus bisa mengindentifikasikan apa kelebihan pada diri kamu yang tidak dimiliki oleh orang lain sehingga kamu menjadi seseorang yang qualified dimata perusahaan yang ingin kamu kerja.

Akan tetapi untuk mendapatkan sebuah posisi diperusahaan yang ingin kamu kerja, biasanya kamu harus menjalani serangkaian tes seperti tes administrasi, tes online atau offline psikotes, tes wawancara bahkan Medical Check Up. Untuk sukses melewati semua tahap tersebut tentunya kamu harus memiliki tips-tips yang dapat menjadi pegangan kamu ketika menjalani serangkaian tes-tes tersebut.

Berikut ini 7 Tips yang Membantu Kamu Ketika Tes Kerja :

1. Kenali Lawan Kamu

Lawan disini tidak hanya dalam artian implisitnya, lawan-lawan berupa Job Hunter lain namun juga tes yang akan kamu hadapi. Contohnya, ketika kamu menghadapi tes pertama yang biasanya Tes Administrasi maka kamu harus tau hal-hal dasar mengenai perusahaan yang kamu lamar atau syarat-syarat yang harus kamu penuhi untuk posisi yang kamu lamar.

Saya biasanya mempersiapkan Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (CV) dalam bahasa Inggris sehingga bisa dikatakan bahwa kamu sudah mencoba menjadi orang dengan kemampuan komunikasi yang baik diera globalisasi ini. Sebagai gambaran saya menggunakan tips ini sehingga belum pernah gagal ketika seleksi administrasi di beberapa BUMN top Indonesia.

2. Be Familiar with The Questions

Agak sedikit beringgris ria. Untuk tips ini sih lebih ke tahap setelah kamu lulus seleksi Adm, misalnya screening test ataupun psikotest bahkan wawancara juga. Banyak model soal yang telah ditulis oleh blogger-blogger lain, kamu bisa googling untuk mencarinya selain itu kamu bisa juga mencari buku-buku yang memiliki bank soal.

Banyak model soal yang diberikan tapi biasanya soal-soal fundamental yang mengukur kemampuan kamu. Soalnya tidak sulit namun cukup mengecoh, ada soal deret numerik, TPA, kebahasaan, fisika dasar, imajinasi ruang (spasial) dan bahkan soal-soal seputar bidang kuliah kamu. Ditahap ini saya sering lulus dan juga pernah gagal.

3. Banyak Berlatih

Setelah mengenali Lawan dan Model Soal yang biasanya akan keluar ketika tes, maka yang selanjutnya kamu lakukan adalah berlatih dengan serius. Latihan itu tidak perlu memforsir otak dan tubuh kamu, lebih baik sedikit tapi rutin, misalnya 20 soal dipagi hari dan 20 soal dimalam hari sebelum tidur maka kamu akan memiliki pengetahuan yang cukup.

4. Positif Thinking

Terkadang kita lupa untuk membuat pikiran kita menjadi positif. Ini adalah hal penting yang akan menentukan hasil dari tes yang akan ataupun telah kita jalani. Dengan berpikir positif maka secara otomatis akan menambah fokus dan konsentrasi kamu.

5. Gunakan Strategi Jitu

Tips ini paling sering kamu gunakan ketika tes, karena kesuksesan tergantung dari strategi yang kamu susun sebelum kamu mulai bertarung.

Strategi yang paling sering digunakan seperti mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu, menyiapkan alat bantu hitung seperti alat tulis dan kalkulator, atau mencoba konsisten ketika tes Pauli dan sebagainya.

6. Menjaga Kesehatan

Keadaan kesehatan yang baik akan membantu kamu menjadi lebih fokus dan siap untuk menghadapi berbagai tes yang kamu jalani baik itu tes kerja, beasiswa, masuk sekolah atau Universitas bahkan tes-tes lainnya.

Berikut ini beberapa tipsnya:
- Berolah raga yang ringanlah seperti jogging atau senam setiap hari,
- Makan yang teratur yang mengandung 4 sehat 5 sempurna ditambah dengan susu atau telor kocok,
- Tidur yang cukur dan jangan bergadang. 

7. Berdo'a dan Bersedekahlah

Apapun yang kamu lakukan semuanya tergantung Ridha dari Tuhan Yang Maha Esa, mau sebaik apapun kamu mempersiapkan diri jika kamu tidak berdo'a bisa saja kamu gagal sekejap mata.

Sekian 7 Tips yang Membantu Kamu Ketika Tes Kerja yang saya dapatkan dari pengalaman saya pribadi dan juga pengalaman dari orang-orang lebih dahulu telah sukses. Selain untuk melamar kerja sebenarnya tips ini bisa kamu gunakan juga ketika kamu melamar beasiswa atau untuk tes masuk Universitas yang kamu targetkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »