Cara Mudah Membangun Personal Branding

Assalamualaikum.. Kembali lagi bersama saya tuan rumah Zulfan Web. Pada kesempatan kali ini saya sedikit tertarik untuk membicarakan tentang Personal Branding.



Personal Branding ini berhubungan dengan citra diri kamu, termasuk bagaimana diri kamu bila dilihat dari kacamata orang lain. Sehingga personal branding ini dapat dikatakan sebagai identitas diri kamu untuk mempengaruhi orang lain agar memiliki persepsi dan emosi yang positif terhadap karakter, kepribadian, kemampuan, kompetensi dan nilai yang ingin ditampilkan.

Berikut ini Cara Mudah Membangun Personal Branding yang dapat kamu praktekkan dengan mudah :

Kenali Kelebihan dan Kekuatan Diri

Yang paling utama adalah cari tahu minat, bakat, keahlian, kemampuan, dan keunggulan yang dapat kamu tonjolkan terlebih dahulu. 

Jadilah Unik dan Berbeda

Manfaatkan semua keunikan yang kamu miliki sebagai ciri khas yang tidak dimiliki orang lain. Kekhasan dapat berupa cara berbusana, cara berbicara, gaya menulis, gaya memimpin, kepribadian, kebiasaan tertentu, dan sebagainya yang sebaiknya dipatenkan menjadi trademark Anda.

Bangun Persepsi Positif

Dengan modal kemampuan dan keunikan kamu, mulailah bangun persepsi positif tentang diri kamu di mata publik. 

Promosikan Diri Kamu

Kamu dapat memulainya dengan menutisartikel, membuat buku, nge-blog, menjadi pembicara, ikut organisasi profesi, menjalin networking secara online maupun offline.

Manfaatkan Popularitas

Personal branding sebaiknya digunakan untuk membantu orang lain. Semakin sering kamu melakukannya, maka branding kamu jadi semakin kuat.

Selalu Bersabarlah

Kamu sebaiknya mencapai personal branding jangka panjang bukan popularitas instan, sehingga diperlukan kerja keras untuk membangun citra diri sejak dari nol bahkan akan lebih sulit lagi untuk mempertahankannya. 

Jadilah Diri Kamu Sendiri

Akan sangat melelahkan menjadi diri orang lain, jangan hanya deemi popularitas kamu rela berpura-pura menjadi orang lain dan melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai dan kuasai. Karena sebenarnya personal branding adalah tentang bagaimana menjadi diri kamu sendiri, bukan menjadi orang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »