9 Alasan Menggunakan OS Linux


Linux, siapa sih yang nggak kenal ? Kecuali kamu itu pengguna komputer atau laptop yang baru terjun ke dunia Internet.

Linux adalah salah satu Operation System atau OS yang katanya susah digunakan. Namun ini adalah penilaian yang salah besar.

Mengutip dari WikipediaLinux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

Namun berikut ini 9 Alasan Menggunakan OS Linux :

- Linux Gratis & Bebas

Linux itu dapat kamu gunakan secara gratis dan bebas tanpa perlu membayar, walaupun ada beberapa varian yang membuat kamu membayarnya. Sebenarnya yang kamu bayar adalah support dari pengembang.

Memang sih tidak benar-benar gratis, karena kamu harus membayar akses internet jika mau mendownload ISO Linux.

- Tampilan Menarik

Siapa bilang tampilan Linux itu jelek, kuno, nggak banget. Tampilan Linux sekarang itu keren, bahkan bisa dibuat seperti tampilan Mac atau Windows. Masih nggak percaya ? Googling atau nge-Bing aja untuk membuktikannya.

- Ringan, Aman dan Mudah

Linux itu bisa diinstall di komputer atau laptop apa aja. Kamu punya pentium 3 ? Coba aja install Linux atau Windows, lalu bandingkan performanya. Maka pemenangnya adalah Linux.

Jika kamu menggunakan Linux maka kamu akan aman dari virus-virus yang biasa kamu temukan di Windows. Walaupun ada pengembang virus untuk Linux, jumlahnya masih sedikit. Saya udah bertahun-tahun pakai Linux, nggak pernah sekalipun kena virus ataupun Linux saya nge-hang.

- Banyak Variannya

Linux itu banyak variannya, biasa dikenal dengan nama distro. Distro ini mirip seperti Windows yang punya Windows XP, 7, 8, 10, Windows Server, dll.

Distro di Linux banyak macamnya, ada Slackware, Ubuntu, Mint, GarudaOS, Open SuSE, Kali Linux, Backtrack, BlackBox, ArcLinux, Debian, Fedora, dll. Saya sendiri bingung dengan banyaknya distro, jadi cek aja di DistroWatch.

Saya termasuk pengguna Linux tapi masih newbie, saya pernah coba Mint, Ubuntu, BlankOn, Backtrack dan hingga saat ini masih menggunakan KaliLinux.

- Bisa Buat Distro Sendiri

Jika kamu seorang programer yang mengerti tentang bahasa-bahasa alien komputer, kamu dapat mengembangkan varian Linux kamu sendiri. Kamu bisa membuat distro kamu sendiri namun dengan tetap menggunakan copyright-nya Linus Tovald dan menambahkan keterangan bahwa kamu yang mempretelinya. 

Kamu bisa membanggakan diri karena bisa membuat OS sendiri, Linus Tovald senang karena source kodenya ada yang mengembangkan, orang lain salut dengan kemampuan kamu.

- Softwarenya Gratis dan Banyak Varian

Jangan ditanya lagi, semua softwarenya gratis kamu cuma perlu internet dan google atau bing untuk bertanya nama software dengan kegunaan tertentu.

- Tanpa Lisensi Berbayar

Jika kamu keluar negeri, kamu tidak akan dicegat dibandara karena masalah lisensi. Hal ini disebabkan oleh lisensi Linux tadi yang free, beda sikon jika kamu menggunakan Windows. Banyak pengguna komputer dan PC di Indonesia menggunakan Windows Bajakan yang lisensinya hasil bobol, hal ini akan jadi masalah dikemudian hari ketika kamu akan bepergian.

- Pengguna Linux itu Keren

Jika kamu menggunakan Linux, ada hal keren yang bakal dilihat orang. Yang paling mudah saja, kamu akan dianggap sebagai Hacker dan Programmer, padahal sebenarnya kamu hanya menggunakan aplikasi Office dan Browser. Setidaknya itu pengalaman yang saya dapatkan.

- Menggunakan Linux Nggak Berdosa

Tanpa sadar ketika menggunakan Windows bajakan, kamu telah menumpuk dosa kamu sendiri. Telah menggali lubang menuju ke neraka. Kenapa begitu ? Menurut perspektif saya, menggunakan Windows bajakan sama saja seperti mencuri barang milik orang lain. Bagaimana bila ternyata Bill Gates tidak iklas jika OSnya dibajak ?

Jika mulai sekarang gunakanlah Linux dengan lisensi bebas agar apapun yang kamu kerjakan dengan Komputer dan PC kamu lebih Varokah.

***
Sekian pembahasan hari ini mengenai  9 Alasan Menggunakan OS Linux, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu dan menjadi ladang pahala buat saya karena sudah mengingatkan sesama manusia.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »