Situs Web Paspampres Kena Serangan Hacker

Waktu menunjukkan pukul 23.00 WIB lewat sedikit, saya pun seperti biasa sedang online mengecek perkembangan terbaru dunia melalui akun facebook saya sambil nge-blog.

Namun beberapa menit setelahnya, terlihat salah satu postingan bergambar dari member salah satu grup facebook yang menyatakan bahwa Situs Web Paspampres Kena Serangan Hacker.

Saya yang penasaran pun mencoba melakukan crosscheck kebenaran postingan tersebut dengan mengakses situs web Paspampres negeri ini, negeri Indonesia tercinta. Website Paspamres yang beralamat di www.paspampres.mil.id pun telah mengalami perubahan tampilan halaman muka websitenya, website tersebut dideface oleh hacker.

Website Paspampres ini tampilannya dirubah oleh RedSmoke, terlihat tampilan website tersebut didominasi oleh warna hitam dengan adanya gambar tengkorak ninja berpedang & bershuriken dengan beberapa pesan sederhana.

Dari pengamatan saya Hacker iseng ini berasal dari Indonesia. Karena di creditnya mengatakan "All Indonesia Hacker" dengan email kontaknya dianeme-tampan@hotmail.com. Sang hacker juga menempatkan lagu See You Again yang jadi soundtracknya Fast & Furious 7 (Furious 7).

Namun belum jelas apa motif Hacker ini merubah tampilan halaman muka situs web Paspampres Indonesia. Apakah hanya sekedar melakukan pentesting atau pamer kemampuan.

Berdasarkan pengamatan saya, sang hacker dapat dijerat dengan pasal 35 UU ITE No. 11/2008, karena orang yang dimaksud telah dianggap dengan sengaja dan tanpa hak manipulasi, merubah, merusak, dan lainnya. “Ancamannya diatur di pasal 51 ayat 1 maksimal penjara 12 tahun dan denda maksimal Rp 12 miliar". Serta ada juga ketentuan pidana yang mengatur pasal 30 dan 32 diatur di pasal 46 dan 48 UU ITE.

Berikut ini merupakan tampilan Situs Web Paspampres yang Kena Serangan Hacker tersebut :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »