Sejarah dan Cara Memasak Mie Instan yang Benar dan Sehat Bagi Kesehatan

Sejarah dan Cara Memasak Mie Instan yang Benar dan Sehat Bagi Kesehatan - Mie instan merupakan salah satu makanan yang favorit di dunia, termasuk juga dinegara kita. Mie instan ini sering dimakan oleh anak kost untuk menunda lapar diakhir bulan, termasuk saya juga. Mie instan sendiri memiliki beraneka ragam rasa yang menggoda, terlebih lagi jika disajikan dalam kondisi hangat dan dicuaca yang dingin. 

Sejarah Mie Instan

Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958, yang merupakan pendiri perusahaan Nissin dan memproduksi produk mie instan pertama di dunia yaitu Chicken Ramen rasa ayam.

Mie instan di Indonesia pertama kali diperkenalkan oleh PT.Lima Satu Sankyu yang kemudian berganti nama menjadi PT.Supermi Indonesia dan PT.Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd. yang berdiri pada tahun 1968. Masih pada tahun yang sama, Supermi yang merupakan merek mie instan pertama di Indonesia diluncurkan. Lalu pada 1972, diluncurkanlah merek mie instan terkenal dan kedua di Indonesia yaitu Indomie.

Cara Memasak Mie Instan yang Benar dari Sudut Pandang Kesehatan

Jika kamu adalah penggemar mie instan maka harus mengetahui bahwa mie instan tidak akan dapat menggantikan kebutuhan karbohidrat dalam tubuh karena jumlah karbohidratnya tidaklah cukup. Lalu didalam setiap helai mie instan dilapisi zat lilin yaitu zat yang membuat mie tidak lengket satu sama lain. Zat lilin termasuk zat yang sulit dicerna oleh tubuh, karena tubuh membutuhkan waktu 3 hari untuk mencerna zat lilin tersebut. 

Untuk itu jika kamu suka makan mie instan, kamu sebaiknya membatasi konsumsi mie instan paling cepat 3 hari sekali agar kandungan mie instan dalam tubuh yang kamu konsumsi sebelumnya hilang. Oleh karenanya jika kamu mengkonsumsi mie instan dengan intensitas waktu yang sering, maka kamu berpotensi terkena penyakit kanker karena penumpukan zat lilin dalam tubuh. 

Bagi kamu yang ingin menghindari resiko terkena penyakit dari mie instan, maka berikut ini Cara Memasak Mie Instan yang Benar dari Sudut Pandang Kesehatan :

1. Mie Instan Goreng

Cara memasak mie instan goreng:
  • Rebus mie dengan air yang telah kamu didihkan.
  • Setelah dirasa cukup mengembang, tiriskan mie untuk beberapa menit.
  • Setelah ditiriskan, bilaslah mie tersebut dengan air panas yang baru yang bukan air sisa memasak mie sebelumnya.
  • Campurkan dengan bumbu-bumbu yang telah disediakan secukupnya.
  • Selamat menyantap mie goreng buatanmu.

2. Mie Instan Rebus

Cara memasak mie instan rebus:
  • Rebus mie dengan air yang telah kamu didihkan.
  • Setelah dirasa cukup mengembang, tiriskan mie untuk beberapa menit dan buanglah air bekas rebusan mie.
  • Setelah ditiriskan, tuangkan air panas yang baru sebagai kuahnya.
  • Campurkan dengan bumbu-bumbu yang telah disediakan secukupnya.
  • Selamat menyantap mie goreng buatanmu.
Cara Memasak Mie Instan Yang Benar dan Sehat Bagi Kesehatan | pict by Tokoolid


Itulah Sejarah dan Cara Memasak Mie Instan Yang Benar dan Sehat Bagi Kesehatan. Ingatlah untuk selalu menggunakan cara-cara diatas untuk menjaga kesehatan kamu sendiri sehingga kamu tetap bisa menikmati makanan kesukaanmu tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »