5 Indikator Kesehatan Rongga Mulut

Kesehatan rongga mulut sering menggambarkan cerminan kesehatan tubuh seseorang, gigi dan mulut yang dirawat secara baik dan teratur akan menghindarkan kamu dari masalah gigi dan mulut seperti bau mulut, gigi berlubang, gusi bengkak dan sariawan. 

Kesehatan gigi dan mulut dapat menjadi tanda kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tanda awal gangguan kesehatan seringkali terlihat pada kondisi rongga mulut. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.


Berikut adalah 5 Indikator Kesehatan Rongga Mulut seperti yang dijelaskan SehatFresh :

1. Gusi Sehat

Gusi yang sehat adalah gusi berwarna merah muda bukan merah atau putih, dan tidak bengkak atau nyeri ketika disentuh. Warna gusi yang merah muda menunjukkan bahwa ada aliran darah yang cukup di gusi kamu.

2. Gigi putih dan tidak berlubang

Gigi putih menandakan bahwa gigi memang bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada gigi. Kotoran yang menempel pada gigi bisa menyebabkan gigi berlubang. Gigi yang berlubang adalah tempat berkumpul dan berkembang biaknya kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan sakit gigi. Bruxism adalah masalah umum yang dapat meningkatkan keausan pada gigi dan restorasi, termasuk gigi dengan tambalan.

3. Tidak bau mulut

Mulut yang sehat juga ditandai dengan bau napas alami yang netral. Penumpukan bakteri dan partikel makanan secara langsung berkaitan dengan bau mulut persisten. Bau mulut juga bisa menjadi indikator masalah kesehatan lainnya seperti diabetes, dan bahkan masalah sinus. Obat-obat tertentu yang menyebabkan mulut kering juga dapat menyebabkan bau mulut yang kurang sedap. Cara terbaik untuk mencegah bau mulut adalah dengan menyikat gigi dengan benar, melakukan flossing dan berkumur dengan benar.

4. Jaringan mulut sehat

Jaringan mulut yang sehat ditandai dengan warnanya yang merah muda, kuat dan lembab. Mulut kering, infeksi seperti sariawan, luka yang menyakitkan, bengkak, atau nyeri adalah beberapa tanda yang mengindikasikan mulut bermasalah. Adanya masalah dalam mulut bisa menjadi tanda peringatan yang mungkin mengarah ke kanker mulut dan masalah serius lainnya.

5. Dapat mengunyah dengan baik

Bila ketika mengunyah makanan tidak ada keluhan apapun seperti ngilu, berarti rongga mulut kamu dalam keadaan baik.

Pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut sama pentingnya dengan menjaga kesehatan anggota tubuh lainnya. Cara sederhana dan mudah dalam perawatan gigi adalah dengan rutin menggosok gigi, menyikat lidah, dan juga berkumur dengan mouthwash.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »