7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mendesain Dapur


Dapur menjadi area penting dirumah kamu. Dapur ini menjadi salah satu pusat kegiatan para wanita, sehingga hasil dari dapur ini bisa menentukan keharmonisan rumah tangga kamu.

Desain dapur yang tidak nyaman akan mampu mempengaruhi psikologis, apalagi pada wanita. Jangan gara-gara kesalahan desain dapur terjadilah perang dunia ketiga dirumah kamu, oleh sebab itu berikut ini 7 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mendesain Dapur yang dikutip dari Arsitekno.com:

Jenis Kegiatan

Jenis kegiatan akan sangat menentukan dimensi ruang dapur itu sendiri, apakah hanya kegiatan memasak atau juga termasuk kegiatan makan sehingga ruang makan menjadi bersatu dengan dapur atau bahkan kamu perlu kamar mandi khusus bagi dapur kamu.

Skala Kegiatan dan Jumlah Pengguna

Skala kegiatan dapur perlu kamu perhatikan, apakah hanya kegiatan memasak kecil-kecilan ataukah juga termasuk untuk mensupport kegiatan besar seperti kenduri atau hal lain. Hal tersebut akan menentukan jumlah pengguna nantinya.

Jika hanya untuk memasak, kamu hanya perlu menyiapkan space memasak untuk beberapa orang, alat-alat dapur dan beberapa furnitur penunjang saja.

Gaya Desain Dapur

Gaya pada dapur kamu harus juga kamu perhatikan, apakah kamu ingin menerapkan gaya minimalis atau gaya klasik.

Ketersediaan Anggaran

Ketika semuanya sudah sesuai dengan keinginan kamu, namun finansial menjadi kendala kamu bisa mengubah sedikit desain kamu. Selain mengubah desain, kamu juga bisa membuat perencanaan jangka panjang artinya jika ada uang kamu bisa menambah sedikit demi sedikit.

Sirkulasi yang baik

Dapur ini haruslah memiliki sirkulasi yang baik, soalnya ketika memasak kamu akan menghasilkan asap dan bau. Bila tak ingin asap dan bau tidak menyebar ke ruangan lainnya, kamu bisa menempatkan jendela ataupun exhaust fan untuk menanggulangi hal tersebut.

Material Dapur

Pemilihan material dapur sangatlah penting, kamu juga bisa menggunakan material dari benda-benda bekas yang bisa kamu kreasikan.

Furnitur

Pemilihan furnitur juga sangat menentukan keindahan dapur kamu, tidak perlu selalu menggunakan furnitur mahal. Furnitur ini juga bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang-barang dapur kamu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »