12 Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit



Kartu Kredit bukanlah hal baru dikehidupan kita sehari-hari. Penggunaan Kartu kredit sangatlah luas bahkan telah banyak digunakan untuk bertransaksi oleh orang-orang.

Namun ditengah banyaknya penggunaan Kartu Kredit, banyak juga pihak-pihak yang berusaha memanfaat hal tersebut untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri.

Bagaimanakah sebenarnya cara aman menggunakan Kartu Kredit ? Mengutip tips konsumen dari Bank Indonesia, berikut ini 12 Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit :

1. Simpan dengan Aman

Simpan dengan aman semua kartu dan nomor rekening  bank kamu, agar kamu tidak kesusahan ketika meraih kartu kredit dan nomor rekening. Jangan meninggalkannya secara asal-asalan.

2. Hancurkan Dokumen

Sebelum membuang dokumen keuangan kamu, pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen keuangan tersebut telah dihancurkan untuk melindungi privasi data keuangan kamu.

3. Simpan Lembar Tagihan

Simpan lembar tagihan Kartu Kredit kamu dengan aman agar tidak mudah ditemukan oleh orang-orang yang berpeluang melakukan kejahatan.

4. Ambil Kartu Kredit & Bukti Pembayaran

Pastikan kamu mengambil kembali Kartu Kredit kamu dan bukti pembayaran setiap selesai bertransaksi, untuk menjaga kerahasiaan transaksi kamu.

5. Install Software Pengaman

Jika kamu sering melakukan transaksi secara online di internet, instal software pengaman pada komputer kamu, untuk mengurangi kemungkinan pembajakan. Kamu bisa menggunakan antivirus original yang mensupport keamanan berinternet.

6. Gunakan Password Unik

Gunakan password yang tidak mudah diketahui orang lain untuk melindungi data internet banking dan rekening bank kamu. Semakin unik passwordnya, biasanya semakin bagus.

7. Belanja di Situs Terpercaya

Gunakan situs belanja online yang terpercaya. Saya pernah menulis bagaimana caranya disini 5 Cara Belanja Online Agar Tidak Tertipu.

8. Tanda Tangani Panel di Kartu Kredit

Saat menerima Kartu Kredit baru, segera kamu tandatangani panel di belakang Kartu Kredit. Hal ini untuk mengurangi risiko kartu kredit kamu dimanfaatkan oleh pihak lain untuk bertransaksi.

9. Jaga Security Number

Jaga kerahasiaan nomor kartu termasuk security number berupa 3 digit angka di belakang kartu. Hal ini dapat membuat kartu kredit kamu menjadi lebih aman.

10. Cek Tagihan

Cek tagihan dengan cara selalu melakukan pencocokan antara bukti transaksi dengan billing statement. Jika terdapat transaksi yang mencurigakan, segera lapor kepada pihak penerbit kartu kredit agar segera dilakukan investigasi.

11. Jangan Dipinjamkan

Jangan pernah meminjamkan Kartu Kredit kepada siapapun atau meninggalkan kartu dan bukti transaksi tanpa pengawasan. Karena tak selamanya orang yang kamu percayai bisa dipercaya.

12. Hati-Hati dengan Tawaran

Berhati-hati terhadap berbagai penawaran melalui telepon dan email. Karena biasanya tawaran-tawaran tersebut menjurus ke tindak kejahatan berupa penipuan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »