9 Kiat Sukses Tugas Akhir dan Skripsi


Tugas Akhir dan Skripsi menjadi momo tersendiri bagi para mahasiswa/i tingkat akhir yang ingin meloloskan dirinya dari lembaga pendidikan yang saat ini ia jalani.

Ada ungkapan dikalangan kami mahasiswa/i Arsitektur begini, "Masuk sini (Arsitektur) aja susah, sama kayak pas mau keluarnya (read; lulus)".

Ya untuk menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi butuh perjuangan keras dan semangat juang yang sangat tinggi. Dimana saat itu kamu bakal merasa dan berkata "berhenti saja, masih ada semester depan".

Namun bagaimanakah sebenarnya kiat sukses Tugas Akhir dan Skripsi itu ? Berikut ini 9 Kiat Sukses Tugas Akhir dan Skripsi :

1. Pilihlah Judul yang Sesuai dan Memungkinkan

Memilih judul ketika proposal Seminar merupakan hal yang utama dilakukan. Kamu harus memilih judul Tugas Akhir dan Skripsi yang sesuai dengan program studi serta minat kamu dan juga memungkinkan terhadap data-data yang kamu butuhkan nantinya. Jangan hanya berpikir saya harus memilih judul yang "wah", karena tidak selamanya judul yang "wah" dan keren itu akan memuluskan perjalanan Tugas Akhir atau Skripsi kamu nantinya.

2. Jangan Malas

Kunci selanjutnya agar Tugas Akhir dan Skripsi kamu berjalan mulus adalah "jangan malas". Banyak mahasiswa/i yang suka menunda-nunda pekerjaan Tugas Akhir maupun Skripsinya, karena mereka berpikir bahwa masih ada hari esok. Padahal tak pernah ada jaminan hari esok kamu akan rajin. Kerjakan sedikit demi sedikit saja, karena dengan begitu setidaknya kamu sudah mulai melangkah.

3. Jika Mentok Maka Istirahat Sejenak

Hal yang paling sering terjadi adalah kamu kehabisan bahan dan ide untuk melanjutkan Tugas Akhir dan Skripsi kamu, maka sebaiknya kamu istirahat sebentar tapi jangan sampai kebablasan. Istirahat jangan lama-lama, cukup sebentar jangan kelamaan.

4. Rajin-Rajin Konsultasi dengan Dosen Pembimbing

Jika mahasiswa/i rajin berjumpa dengan dosen pembimbing, maka dosen pembimbing pun akan semangat membimbing kamu, setidaknya itu yang dikatakan oleh pembimbing Tugas Akhir saya.

5. Kerjakan Lebih

Jika pembimbing kamu mengatakan minggu depan kamu ketemu saya harus sampai Bab 2 atau harus sampai gambar Potongan, maka sebaiknya kamu harus membawa lebih. Setidaknya kamu harus membawa Bab 3 atau Perspektif. Hal ini sebaiknya kamu lakukan agar kamu mendapatkan setidaknya sedikit gambaran tentang hal-hal yang nantinya akan kamu kerjakan. Resikonya ya jika banyak yang salah, maka kamu harus bekerja ekstra untuk memperbaikinya.

6. Bertemanlah dengan Dosen Pembimbing

Berteman dengan Dosen Pembimbing tentu berbeda caranya dengan berteman dengan teman sebaya, tentu kamu bisa menilai bagaimana karakter Bapak atau Ibu Dosen Pembimbing kamu. Jangan pernah takut jika bertemu dengan Dosen Pembimbing kamu sekalipun ada hal-hal yang belum siap kamu kerjakan.

7. Selalu Jujur

Jika bertemu dengan Dosen Pembimbing, sebaiknya kamu selalu jujur dan mengatakan apa saja kendala yang kamu hadapi seputar Tugas Akhir dan Skripsi kamu. Jangan ragu untuk curhat, karena biasanya Dosen Pembimbing kamu bisa memberikan solusi yang bahkan belum kamu pikirkan sama sekali.

8. Bersabarlah

Dosen Pembimbing juga punya kesibukannya sendiri, maka kamu harus memaklumi hal tersebut. Kamu harus selalu bersabar jika ternyata ketika mau bimbingan, Dosen Pembimbing kamu ternyata sedang sibuk atau sedang tidak ada ditempat. Jika seandainya hal ini yang selalu kamu dapatkan, maka kamu harus membaca kiat penutup di artikel ini.

9. Rajin-Rajin Berdo'a

Biasanya kiat ini sering dilupakan oleh orang-orang. Setidaknya selipkan do'a seputar Tugas Akhir dan Skripsi ketika kamu selesai Shalat, kamu juga bisa minta do'a dari Ibu atau bahkan saudara-saudara kamu agar jalan Tugas Akhir dan Skripsi kamu lancar. Curhat yang paling baik itu ya curhat dengan yang menciptakan kamu, minta sama Dia agar kamu diberi jalan yang lancar ketika menjalani step by step Tugas Akhir dan Skripsi kamu.

Sekian sedikit tulisan  berjudul 9 Kiat Sukses Tugas Akhir dan Skripsi yang sudah saya praktekkan selama menjalani step by step Tugas Akhir, semoga bermanfaat bagi kamu semua. Tetap semangat dan teruslah berjuang, karena sudah sewajarnya bahwa manusia itu adalah pejuang sejati. Sekian.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »